• PONDOK PESANTREN NURUL FALAH AIRMESU TIMUR
  • Santri Untuk Negeri

PROFIL

PONDOK PESANTREN NURUL FALAH

AIRMESU TIMUR PANGKALANBARU

BANGKA TENGAH

PROPINSI KEP. BANGKA BELITUNG

 

      

 

 

 

 

Alamat :

Jalan Raya Pangkol Rt. 08 Desa Airmesu Timur Kecamatan Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah Propinsi Kepulauan Bangka Belitung 33171

 

 

 

                         

 

 

DAFTAR ISI

 

Halaman Judul .................................................................................................    i

Logo ...............................................................................................................    ii

Daftar Isi .........................................................................................................    iii-iv

 

BAB I

SEKILAS SEJARAH BERDIRINYA PONDOK PESANTREN

NURUL FALAH  ...........................................................................................    1

  1. Sejarah Berdirinya dan Berkembangnya

         Pondok Pesantren Nurul Falah .............................................................. 1

    B. Kondisi Sosial Keagamaan Masyarakat Sekitar Pesantren ............................. 4

 

BAB II

KELEMBAGAAN PONDOK PESANTREN NURUL FALAH  ............. 6                                        

  1. Visi, Misi dan Tujuan ................................................ 6                                           
  2. Organisasi Kelembagaan ......................................................................... 7

 

BAB III

SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN NURUL FALAH ..........................    8

  1. Program Pendidikan ................................................................................... 8
  2. Sistem Pendidikan ..................................................................................... 8
  3. Kurikulum Pendidikan ................................................................................ 9
  4. Sarana Pendukung Pendidikan .................................................................... 9

 BAB IV

KEGIATAN EKONOMI DAN PENGEMBANGAN PESANTREN .........    10

  1. Jenis Kegiatan Unit Usaha Produktif ..................................................... 10
  2. Kegiatan Pengembangan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat. .......... 10
  3. Strategi Pengembangan Pesantren ....................................................... 10

LAMPIRAN – LAMPIRAN ..........................................................................    12

 

BAB I

SEKILAS SEJARAH BERDIRINYA

PONDOK PESANTREN NURUL FALAH

 

  1. Sejarah Berdiri Dan Berkembangnya Pondok Pesantren Nurul Falah.

Menelusuri dan mencermati kronologi sejarah perkembangan Pondok Pesantren Nurul Falah dari embrio hingga keberadaan saat ini, dapat kita lihat 3 fase / era sebagai berikut :

 

  1. Masa Perintis { Era Cikal Bakal ( 1988 – 1990 ) }

Berawal dari kegiatan masyarakat Desa Air Mesu yang di Pelopori oleh Ust. Sofyan Abu Yamin untuk mendirikan Pondok Pesantren Nurul Falah sebagai pusat pendidikan Islam dengan berkiblat pada Pondok Pesantren modern Gontor. Maka mereka mendapatkan tanah wakaf, yang di wakafkan oleh bapak Rosidi Daud dengan luas tanah 5.082 M2. Selanjutnya wakif telah mengikrarkan wakaf terhadap Nazir yang bernama Muhammad bin Wahi, dari sinilah mulai dibentuk Badan Wakaf sebagai pendiri Pondok Pesantren Nurul Falah.

 

  1. Era Lanjutan Perjuangan ( 1990 – 1993 )

Pada tahun 1990 atas kesepakatan Badan Wakaf berdirilah Pondok Pesantren Nurul Falah dengan mendapatkan Santri sebanyak 32 orang Santri dengan jenjang Pendidikan yaitu Madrasah Tsanawiyah setara dengan SLTP/SMP yang di tempuh dalam kurun waktu 3 tahun. Madrasah Tsanawiyah ini berdiri sejak tahun 1990 dengan izin operasional tanggal 12 Oktober 1999, status terdaftar.

Adapun Santri yang bermukim di Asrama ketika itu baru 1 orang. Dan dari 32 Santri perdana ini yang mampu bertahan selama 6 tahun hanya sejumlah 23 Santri, namun atas dasar keikhlasan dan kerja sama yang baik dengan semangat juang yang tinggi akhirnya Pondok Pesantren Nurul Falah dapat berkembang dengan baik seperti sekarang ini.

 

  1. Era Penyempurnaan Dan Pengembangan ( 1996 Sampai Dengan Sekarang )

Masa kegembiraan tiba semenjak tahun 1996, khataman Santri Pondok yang belajar selama 6 tahun mendapat kesempatan mengikuti tes beasiswa di Mesir. Ini menandakan bahwa Pondok Pesantren Nurul Falah cukup berprestasi dalam ilmu keagamaannya. Berawal dari itu prestasi demi prestasi digapai dengan baik sehingga Pondok Pesantren Nurul Falah terkenal di seluruh pelosok Bangka Belitung dan sekitarnya. Pembenahan demi pembenahan pun terjadi di segala Lembaga Mikro di Ponpes Nurul Falah, hingga sekarang jumlah tenaga pengajar dan pengasuh Pontren Nurul Falah berjumlah 95 orang. Dengan jumlah Santri keseluruhan berdasarkan data Laporan Bulanan berjumlah 768 orang. Dari seluruh Lembaga-lembaga Mikro yang ada baik secara Formal maupun Non Formal.

Semenjak berdiri sampai dengan sekarang Pondok Pesantren Nurul Falah sudah mengalami 3 kali pergantian Pimpinan Pondok dengan masa kepemimpinan sebagai berikut :

  1. Ust. Sofyan Abu Yamin sebagai Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Falah yang pertama dengan masa kepemimpinan dari tahun 1990 sampai dengan 2003.

      Beliau adalah pencetus sekaligus pendiri Pondok Pesantren Nurul Falah dan berkencimpung di dalamnya sebagai pengajar/pengasuh sampai habis masa kepemimpinannya, beliau adalah Alumnus Gontor yang mempunyai etos kerja yang besar untuk memajukan Pondok Pesantren. Suka duka di lalui sekalipun tanpa upah yang memadai. Semuanya dilakukan atas dasar Liila`i Kalimatullah.

 

  1. Ust. Isolah Basri, A. Ma sebagai Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Falah yang kedua dengan masa kepemimpinan dari tahun 2003 sampai dengan 2007.

      Beliau pernah diangkat sebagai kepala Madrasah Tsanawiyah sekaligus guru oleh Pimpinan Pondok kiprah beliau cukup besar untuk memajukan kualitas pendidikan dan pengajaran di lingkungan Pondok terkhusus dibagian Pengasuhan Santri. Beliau Alumnus Gontor yang dikaderkan sebagai Pimpinan Pondok yang di amanati untuk meneruskan perjuangan yang telah di lakukan oleh Pimpinan Pondok pertama.

 

  1. Ust. Masri Saharun S. Pd.I sebagai Pimpinan Pondok ketiga dengan masa kepemimpinan dari tahun 2008 – 2013 / sampai sekarang.

      Beliau adalah Santri pertama Pondok Pesantren Nurul Falah yang menempuh pendidikan selama 6 tahun dengan masa pengabdian selama 8 tahun ( sebagai guru dan Kepala Madrasah ). Badan Wakaf mengkaderkan sebagai generasi penerus Kepemimpinan Pontren Nurul Falah, dengan pertimbangan secara historis beliau yang lebih mengenal tentang keadaan Pontren Nurul Falah. Secara biografis beliau adalah putra daerah Air Mesu tempat dimana Pondok Pesantren Nurul Falah Eksis dengan segala aktivitasnya, sedangkan ditinjau dari disiplin ilmu, aktif dalam berbagai organisasi keagamaan dan sosial serta memiliki popularitas dakwah di Provinsi Kep. Bangka Belitung, di pandang cukup matang dan handal serta cukup berwawasan untuk membawa Pondok Pesantren Nurul Falah ke arah yang lebih baik dan maksimal sesuai dengan keadaan dan tantangan masa sekarang.

 

Semenjak amanah yang besar itu diberikan badan Wakaf kepada Ust. Masri Saharun, S. Pd.I, ada beberapa langkah kebijaksanaan telah di tempuh antara lain :

  1. Merestrukturisasikan kelembagaan yang ada di lingkungan Pondok.
  2. Menertibkan administrasi dan manajemen Pondok.
  3. Menyempurnakan kurikulum yang berlaku di Pondok Pesantren Nurul Falah dengan sistem kurikulum terpadu ( Krikulum Pondok Modern Gontor, Kurikulum Diknas dan Kurikulum Depag ).
  4. Mengkolaborasikan antara Pondok Pesantren Modern dan Pondok Pesantren Salafiah dengan memberikan kegiatan pembelajaran kitab-kitab salafiah diluar jam pelajaran formal bagi santri mukim.
  5. Mengoptimalkan kinerja dan profesionalis Kepengurusan Lembaga Mikro sebagai tangan kanan Pimpinan dalam memajukan Pontren sesuai dengan Tupoksinya masing-masing.
  6. Meningkatkan mutu pendidikan, pengajaran dan pengasuhan santri di lingkungan Asrama baik fisik maupun non fisik.
  7. Mendirikan Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDA, MDW, MDU) dan Taman Pendidikan Al Qur`an (TPQ).

 

Adapun dasar pemikiran yang melatar belakangi kebijakan di atas meliputi 4 hal pokok :

Pertama           :     Keinginan untuk memenuhi kebutuhan lokal. Yaitu peningkatan kualitas para pengajar, pendidik dan pengasuh di lingkungan Pesantren.

Kedua             :     Keinginan untuk menyamakan atau mendekati visi dan persepsi para pendidik/pengajar/pengasuh dalam rangka mencapai tujuan yang sama dan mengantisipasi kemungkinan terjadi perpecahan atau pembentukan kubu-kubu internal sebagai akibat kesenjangan dalam berbagai hal di lingkungan mereka.

Ketiga             :     Keinginan untuk mampu memposisikan diri pejuang Islam yang ikhlas. Berbuat serta mampu sebagai Uswah Hasanah bagai Santri dan masyarakat yang harus di mulai dari para pengajar/pendidik/pengasuh Pondok Pesantren Nurul Falah.

Keempat          :     Keinginan untuk menjadikan :

  1. Pesantren sebagai pusat dakwah Islamiyah dengan membina Santri sebagai da`i / da`iyah melalui program muhadoroh dan mencanangkan program lintas dakwah Desa Santri.
  2. Pesantren sebagai pusat pengembangan seni Islami meliputi :
    1. Pembinaan seni baca Al-Qur`an / Tausyih.
    2. Pembinaan seni kaligrafi Arab / Khot.
    3. Pembinaan lagu-lagu Islami / Nasyid dan Shalawat.
    4. Dan lain sebagainya.
  3. Pesantren sebagai pusat pengembangan bakat dan keterampilan santri di bidang usaha, meliputi : Kursus Pertukangan, Reparasi alat-alat elektronik, Instalasi Listrik, Kursus Menjahit, Kursus Komputer, Kursus Bahasa Asing, Konveksi, Perkebunan, Pertanian dan Peternakan.

 

Alhamdulillah semenjak berdiri sampai sekarang dengan menerapkan sistem Pontren secara utuh,  kerinduan dan kepercayaan masyarakat semakin tumbuh. Perhatian dan dukungan moral serta material pun diberikan kepada Pondok ini.serta adanya keinginan manampung anak-anak kaum du`afa ( kaum yang lemah )untuk mengecap pendidikan di lingkungan Pondok secara gratis. Dan hal ini telah dibuktikan dengan menampung 43 anak Panti di Pondok Pesantren Nurul Falah, salah satu upaya mewujudkan kepedulian dan kasih sayang sesama masyarakat yang kurang mampu.

 

  1. Kondisi Sosial Keagamaan Masyarakat Sekitar Pesantren

Desa Air Mesu merupakan sebuah desa yang berada dalam wilayah Pemerintahan Daerah Kabupaten Bangka Tengah Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tepatnya berada dalam wilayah hukum Pemerintahan Kecamatan Pangkalan Baru. Disamping itu Desa Air Mesu letaknya sangat jauh dari Kota Kabupaten.

Jarak Desa Air Mesu dari Kota Kabupaten Bangka Tengah lebih kurang 45 Km. Dengan jarak tempuh 60 menit perjalanan, dan jarak dari Kota Propinsi lebih kurang 15 Km dengan waktu tempuh 20 menit perjalanan. Serta jarak dari Kota Kecamatan lebih kurang 10 km. Dengan waktu tempuh 15 menit perjalanan. Karena jauhnya jarak tempuh dari setiap wilayah kota tersebut, menempatkan Desa Air Mesu berada di tengah-tengah yang di lintasi oleh jalan raya antara Kota Propinsi dan Kota Kabupaten. Sehingga hubungan transportasi dan komunikasi sangat lancar.

Adapun penguasaan masyarakat terhadap ilmu agama termasuk pengamalan agama sangat masih memprihatinkan hal itu di karenakan kurangnya tokoh-tokoh agama yang menguasai ilmu agama secara luas, namun semenjak berdirinya Pondok Pesantren Nurul Falah secara langsung memberikan pencerahan terhadap masyarakat akan pentingnya nilai-nilai agama di tanamkan semenjak dari kanak-kanak sampai dengan maut menjemput, dan hal ini terbukti kegiatan keagamaan di  Pondok Pesantren Nurul Falah Air mesu sudah mulai menjamur di segala lapisan masyarakat, itu semua hasil dari dakwah yang dilakukan oleh Ustad wal Ustazah serta alumni-alumni Pondok yang langsung bermu`amalah dengan masyarakat dan menebar Ata`lum wa ta`lim fidinil Islam di tengah masyarakat dengan mengkedepankan amar ma`ruf nahi munkar, dalam definisi khusus dakwah dalam artian mengislamkan kembali umat Islam.


BAB II

KELEMBAGAAN PONDOK PESANTREN NURUL FALAH

 

Sebagai lembaga pendidikan Islam yang mengakar di masyarakat, Pondok Pesantren Nurul Falah memandang perlu merumuskan Visi dan Misi Tujuan dan Program Inti. Komponen-komponen tersebut sangat penting keberadaannya guna memberikan arah dan motivasi serta kekuatan gerak bagi seluruh unsur yang terkait secara langsung dalam pengembangan Pondok. Adapun Visi dan Misi dan Tujuan dapat berfungsi untuk menyatukan pikiran, persepsi, cita-cita dan harapan –harapan yang di inginkan demi keutuhan dan kemajuan Pesantren tersebut.

 

1. Visi, Misi, Tujuan dan Program Inti

Pondok Pesantren Nurul Falah adalah Lembaga Pendidikan Islam dengan Visi, Misi, Tujuan dan Program Inti sebagai berikut :

A. Visi

Terwujudnya lembaga yang melahirkan insan pembawa rahmat bagi umat dengan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.

B. Misi

  1. Mengembangkan semangat keunggulan, berprestasi, terdidik, terampil, dan berakhlak mulia.
  2. Melaksanakan pendidikan, pembelajaran, bimbingan dan uswah secara efektif dan optimal.
  3. Mewujudkan manajemen yang konstruktif, konsultatif dan inovatif.

C. Tujuan

Memberikan tuntunan dan keterampilan hidup bagi Santri ketika berada di tengah-tengah masyarakat dan mampu menjadi figur yang selalu menebarkan pesona taklim, tarbiyah dan dakwah Islamiyah sepanjang hayat.

D. Program Inti

Pondok Pesantren Nurul Falah mendambakan profil alumni yang memiliki kopentensi dasar yang merupakan program inti yang dituangkan dalam 10 jati diri sebagai berikut :

  1. Memiliki iman yang mantap / Aqidah yang lurus berdasarkan Al Qur`an da As Sunnah.
  2. Tunduk dan takut hanya kepada Allah SWT, tekun dan benar akan ibadah sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.
  3. Memfigurkan diri sebagai uswah hasanah yang bertumpu pada ke terpujian akhlak, kerendahan hati, kesabaran diri dan perasaan syukur nikmat Illahi.
  4. Mempunyai kemampuan motivasi dan kreasi dalam dunia kerja.
  5. Menjadikan bahasa resmi Pondok ( Indonesia, Arab dan Inggris ) sebagai mahkota hidup, dan mampu berkomunikasi langsung dalam percakapan sehari-hari dengan bahasa tersebut.
  6. Tegar berjihad memerangi hawa nafsunya dan senantiasa mengokohkan diri di atas hukum islam melalui ibadah dan amal sholeh.
  7. Menumbuhkan rasa berkumpul untuk mencintai Allah, Rasul dan sesama orang beriman.
  8. Mengi`tikadkan diri dalam setiap pertemuan untuk taat (Allah, Rasul dan sesama orang beriman ).
  9. Menanamkan kekuatan jihad Bersatu untuk dakwah.
  10. Membiasakan diri mana kala berjanji untuk menegakkan syariah Islam.

 

2. Organisasi Kelembagaan

Manajemen yang diterapkan oleh Pondok Pesantren Nurul Falah adalah manajemen modern, dalam arti bahwa pengelolaan tidak tertumpu pada satu figur kepemimpinan. Namun pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan di tangani oleh kepengurusan Badan Wakaf dan Yayasan dengan pelaksana harian di kepalai oleh Pimpinan Pondok.

Sebagai pucuk kepemimpinan di Pondok Pesantren Nurul Falah, Pimpinan Pondok di bantu oleh sekretaris dan bendahara serta kepala-kepala Lembaga Mikro lainnya. Adapun pelaksanaan formal di tangani langsung oleh Kepala Madrasah dengan struktur organisasi otonomi dan tetap dalam jalur koordinasi dengan Pengasuhan Santri ( keasramaan ).

 

 

 

 


BAB III

SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN NURUL FALAH

 

  1. Program Pendidikan

Pondok Pesantren Nurul Falah menerapkan program pendidikan yang tidak terbatas oleh pendidikan formal, namun disesuaikan dengan pendidikan-pendidikan non formal maupun informal. Aplikasi yang ada selama ini bahwa ijazah Pondok akan dikeluarkan bagi alumni yang telah mengecap pendidikan selama 6 tahun di Pondok. Adapun program–program pendidikan yang ada di lingkungan Pondok seperti hal berikut ini :

  1. Pendidikan formal meliputi :
    1. Madrasah Tsanawiyah.
    2. Madrasah Aliyah.
  2. Pendidikan non formal meliputi :
    1. Program Penyetaraan Paket A, B dan C.
    2. Madrasah Diniyah.
    3. Tamana Pendiidkan Al Qur`an (TPQ)
    4. Lembaga Pelatihan dan Kursus ( LPK ) :
      • Kursus menjahit.
      • Kursus Bahasa Asing.
      • Kursus Komputer.
      • Kursus Pertukangan.
      • Reparasi Alat-alat Elektronik.
    5. Program Pendidikan Khusus
      1. Muhadoroh ( pengkaderan da`i-da`i ).
      2. Khot ( kaligrafi ).
      3. Tahsinul Qiro`ah.
      4. Karate & Silat.
      5. Tahfidz Qur'an
      6. Hadroh
      7. Pramuka

 

1. Sistem Pendidikan

Untuk mencapai tujuan yang digariskan, Pontren Nurul Falah menerapkan sistem Pendidikan Islam terpadu. Secara formal para Santri di bina melalui jalur Madrasah yang di kelola oleh Kepala Madrasah, Wali Kelas, Pembina OSIS, Dewan Guru yang profesional ( Alumni Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri ).

Pada sisi lain para Santri dan Santriwati di tempatkan di asrama secara terpisah. Mereka di bina dengan sistem kekeluargaan / ukhuwah Islamiyah secara intensif dan selaras dengan jalur formal. Pembinaan dan Pengasuhan di tangani oleh Mudabbir (Pengurus Organisasi), Para Pengasuh Aspa/Aspi, Kepala Ri`Ayah /Kepala Pengasuhan Santri sampai dengan Pimpinan Pondok.

2Kurikulum Pendidikan

Untuk mewujudkan Pesantren yang handal dan terkenal sesuai dengan visi dan misi, Pondok Pesantren Nurul Falah menerapkan program kurikulum terpadu antara kurikulum Depag, Diknas dan KMI Gontor. Kurikulum terpadu tersebut diramu dan disajikan untuk melahirkan alumnus-alumnus yang memiliki ilmu yang hebat, Aqidah yang kuat, pergaulan yang agamis. Dan menciptakan lingkungan masyarakat yang harmonis, dengan di modali ilmu-ilmu agama, bahasa, teknologi, dan keterampilan-keterampilan lainnya. Oleh karena itu semua kegiatan di atur dalam tatanan kehidupan yang sesuai dengan nilai dan tujuan pendidikan tersebut.

Pondok Pesantren Nurul Falah menerapkan sistem pembinaan bahasa Arab dan Inggris secara aktif dan intensif, dengan cara mengaktifkan komunikasi bahasa Inggris pada lingkungan kemadrasahan dan mengaktifkan bahasa Arab pada lingkungan keasramaan. Kedua bahasa tersebut selain di jadikan pengantar, sebagian besar mata pelajaran juga dijadikan bahasa percakapan harian Santri. Bahasa Arab di pandang amat penting, karena bahasa Al Qur`an dan As Sunah. Disamping merupakan bahasa komunikasi dunia Islam. Sedangkan bahasa Inggris dianggap penting karena bahasa ilmu pengetahuan dan teknologi serta komunikasi internasional.

3. Sarana Pendukung Pendidikan

Sistem pendidikan tersebut di tunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai seperti Ruang Belajar yang permanen, Asrama yang bervariasi, Masjid, Perpustakaan , Laboratorium PAI Dan Komputer, Koperasi, Dapur umum, ruang LPK, ruang TPUS, Sarana Olahraga, Perumahan Guru, Air Bersih, Penerangan, Kantin Putra dan Putri, Poskestren dan lain-lain. Letak geografis Pontren Nurul Falah sangat strategis, dimana dikelilingi bukit-bukit yang indah, lingkungan masyarakat sekitar yang bersahabat, iklim yang sejuk yang sangat mendukung terciptanya suasana mukim dan belajar yang nyaman. Di sinilah sarana empuk sebagai lahan subur tempat menyemai kader umat menuju insan kamil yang bermanfaat bagi seluruh umat.

 

 BAB IV

KEGIATAN EKONOMI DAN PENGEMBANGAN PESANTREN

 

1. Jenis Kegiatan Unit Usaha Produktif

Jenis kegiatan usaha produktif yang dikelola oleh Pondok Pesantren Nurul Falah meliputi 3 bidang yaitu :

  1. Bidang Jasa : Photo Copy, Cetak Photo, Pengetikan dan print, juga yang lainnya.    
  2. Bidang Perdagangan :  Konveksi, Kantin Putra/Putri dan Kantin Panti.
  3. Bidang Peternakan : Peternakan sapi, Pembibitan, Peternakan Ayam, Ikan dan Itik.

2. Kegiatan Pengembangan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat.

Dalam kegiatan pengembangan dan pemberdayaan ekonomi di Pontren Nurul Falah, di laksanakan oleh satu wadah dalam bentuk Koperasi Serba Usaha Pontren Nurul Falah. Bentuk Koperasi Serba Usaha Pontren Nurul Falah dengan badan hukum koperasi dari Deperindag Kab. Bangka Tengah dan Nomor 018/KPTS/BH/518/XII/2006 Tanggal 26 Desember 2006.

Dalam pengembangan usahanya,  Koperasi Pondok Pesantren Nurul Falah telah melakukan kerja dengan instansi pemerintah dan swasta. Seperti pengusaha, pedagang, agen-agen toko besar di Pangkalpinang. Di mana keuntungan koperasi diharapkan membantu perekonomian Pondok, dengan menyuplai dana ke bendahara Pondok setiap bulan.

3. Strategi Pengembangan Pesantren

Di antara strategi dalam mengembangkan serta memajukan Pontren, maka Pimpinan telah merumuskan kebijakan-kebijakan yang di tuangkan dalam strategi berikut ini :

  1. Peningkatan dan pengembangan kualitas serta optimalisasi pemberdayaan Ustad-Ustadzah dalam pendidikan dan pengasuhan.
  2. Peningkatan dan pengendalian mutu Pondok Pesantren Nurul Falah.
  3. Peningkatan kepedulian, keikhlasan, rasa memiliki Pondok dan dukungan keluarga besar Pondok, masyarakat, Pemerintah, dalam menyelenggarakan pendidikan.
  4. Peningkatan sarana dan prasarana pendukung pendidikan dan pengasuhan.

 

Demikianlah gambaran sekilas tentang Pondok Pesantren Nurul Falah, semoga Allah SWT. selalu memberi kekuatan, taufik dan hidayah-Nya kepada kita. Sehingga apa-apa yang telah kita rencanakan dapat di kabulkan sesuai dengan yang kita inginkan.

Halaman Lainnya
JADWAL KEGIATAN SANTRI (HARIAN, MINGGUAN, BULANAN, TAHUNAN)

I. HARIAN NO WAKTU KEGIATAN KETERANGAN 1 04.00 Bangun Tidur Anak - anak dibangunkan oleh mudabbir-mudabbiroh /wali hujroh beserta satpam 2 04.00 s/d 04.30 Ta

05/03/2021 20:20 - Oleh Administrator - Dilihat 12554 kali
Struktur Pondok

https://drive.google.com/file/d/1s8OIbBtXpEoddWNCMonB18c2Kg4nbV6F/view?usp=sharing  

07/02/2021 23:23 - Oleh Administrator - Dilihat 934 kali
Visi dan Misi

1. Visi, Misi, Tujuan dan Program Inti Pondok Pesantren Nurul Falah adalah Lembaga Pendidikan Islam dengan Visi, Misi, Tujuan dan Program Inti sebagai berikut : A. Visi Terwujudnya lemb

07/05/2020 05:09 - Oleh Administrator - Dilihat 1144 kali